Mengenal Istilah G.P.A dalam Kebidanan

Istilah G.P.A dalam dunia kebidanan mengarah pada status paritas, dimana G (Gravida) menunjukkan jumlah kehamilan , P (Paritas) adalah jumlah kelahiran, serta A (Abortus) atau jumlah keguguran.

Istilah G.P.A dalam Kebidanan

Gravida menunjukkan berapa kali seorang wanita sedang atau telah hamil, terlepas dari hasil kehamilannya. Kehamilan saat ini, jika ada, termasuk dalam hitungan ini. Kehamilan ganda dihitung sebagai

Paritas, atau “para”, menunjukkan jumlah kehamilan yang mencapai usia kehamilan yang layak (termasuk kelahiran hidup dan lahir mati). Jumlah janin tidak menentukan paritas. Kehamilan kembar yang dibawa ke usia kehamilan yang layak dihitung sebagai 1.

Abortus adalah jumlah kehamilan yang hilang karena alasan apapun, termasuk aborsi yang diinduksi atau keguguran. Istilah abortus terkadang dicabut jika tidak ada kehamilan yang hilang. Bayi lahir mati tidak termasuk.

Secara spesifik, graviditas dan paritas adalah berapa kali seorang wanita sedang atau telah hamil (graviditas) dan membawa kehamilan tersebut ke usia kehamilan yang layak (paritas).