Pengertian Dari Adaptasi Maternal dan Tujuanya

Adaptasi maternal merupakan akibat kerja hormon kehamilan dan tekanan mekanis akibat membesarnya uterus dan jaringan lainnya.

Adaptasi ini melindungi fungsi fisiologi normal seorang wanita, memenuhi tuntutan metabolik kehamilan tubuh wanita dan menyediakan kebutuhan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Walaupun kehamilan merupakan fenomena normal, namun dapat menimbulkan masalah. Selama kehamilan, Banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada sistem tubuh, dan psikologi serta emosional wanita hamil.

Pada bagian ini akan di bahas mengenai perubahan anatomi dan adaptasi fisiologi sistem reproduksi dan payudara, sistem kardiovaskuler, sistem respirasi, sistem urinaria, sistem integument, sistem musculoskeletal, sistem neurologi, sistem gastrointestinal, sistem endokrim, dan perubahan psikologi dalam kehamilan.

Sangatlah penting bagi bidan untuk memahami adanya perubahan perubahan tersebut agar dapat memberikan konseling dan membantu wanita hamil yang mengalami perubahan tersebut sehingga bidan dapat memberikan asuhan yang sesuai.

Tujuan dari instruksional khusus, setelah menyelesaikan materi ini adalah mahasiswa dapat:

1. Menjelaskan proses adaptasi fisiologi dalam kehamilan
2. Menjelaskan perubahan psikologis pada ibu hamil