Anatomi Alat Reproduksi

Anatomi Alat ReproduksiOrgan Genitalia Eksternal

Vulvul (pukas) atau pudenda, meliputi seluruh struktur ekternal yang dapat dilihat mulai dari ubis sampai perineum, yaitu mons veneris, labia mayora dan labia minora, klitoris, selaput darah (hymen), vestibulum, muara uretra, berbagai kelenjar, dan struktur vascular.

Mons veneris atau mons pubis adalah bagian yang menonjol di atas simfisis dan pada perempuan setelah pubertas ditutup oleh rambut kemaluan. Pada perempuan umumnya batas atau rambut melintang sampai pinggir atas simfisis, sedangkan ke bawah sampai ke sekitar anus dan paham.

Labia mayora (bibir-bibir besar) terdiri atas bagian kanan dan kiri, lonjong mengecil ke bawah, terisi oleh jaringan lemak yang serupa dengan yang ada di mons veneris. Ke bawah dan ke belakang kedua labia mayora bertemu dan membentuk kommisura posterior. Labia mayora analog dengan skortum pada pria.

Labia minora (bibir-birbir kecil atau nymphae) adalah suatu lipatan tipis dari kulit sebelah dalam bibir besar. Ke depan kedua bibir kecil bertemu yang di atas klitoris membentuk preputium klitoridis dan yang di bawah klitoris membentuk frenulum klitoridis. Ke belakang kedua bibir kecil juga bersatu dan membentuk fossa navikulare.

Klitoris kira-kira sebesar kacang ijo, tertutup oleh preputium klitoridis dan terdiri atas glas klitoridis, korpus klitoridis, dan dua krura yang menggantungkan klitoridis keos pubis. Glans klitoridis terdiri atas jaringan yang dapat mengembang, penuh dengan urat saraf, sehingga sangat sensitive.

Vestibulum berbentuk lonjong dengan ukuran panjang dari depan ke belakang dan dibatas di depan oleh klitoris, kanan dan kiri oleh kedua bibir kecil dan di belakang oleh perineum (fourchette). Embriologik sesuai dengan sinus urogenitalis. Kurang lebih 1 – 1,5 cm di bawah klitoris ditemukan orifisium uretra eksternum (lubang kemih) berbentuk membujur 4 – 5 mm dan tidak jarang sukar ditemukan oleh karena tertutup oleh lipatan-lipatan selaput vagina. Tidak jauh dari lubang kemih, di kiri dan ke kanan bawahnya, dapat dilihat dua ostia Skene.

Bulbus Vestibuli sinistra et dekstra merupakan pengumpulan vena terletak di bawah selaput lendir vestibulum, dekat ramus ossis pubis. Panjangnya 3 – 4 cm, lebarnya 1 – 2 cm dan tebalnya 0,5 – 1 cm. Bulbus vestibuli mengandung banyak pembulu darah, sebagian tertutup oleh muskulus iskio cavernous dan muskulus konstriktor vagina.

Introitus Vagina mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Pada seorang virgo selalu dilindungi oleh labia minora yang baru dapat dilihat jika bibir kecil ini dibuka. Introitus vagina ditutupi oleh selaput dara (hymen). Himen ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda, dari yang semilunar (bula sabit) sampai yang berlubang-lubang atau yang bersekat (septum).

Perineum terletak antara vulva dan anus, panjangnya rata-rata 4 cm. Jaringan yang mendukung perineum ialah diafragma pelvis dan diafragma urogenitals. Diafragma pelvis terdiri atas otot ini. Diafragma urogenitalis terletak eksternal dari diafragma pelvis, yaitu daerah segitiga antara tuber isiadika dan simfisis pubis