Askeb Antenental Dengan Umur Kehamilan Untuk Implementasi

Askeb Antenental Dengan Umur Kehamilan 1. Menyampaikan hasil pemeriksaan pada ibu bahwa kehamilannya dalam keadaan normal, letak kepala dan tanda-tanda vital ibu dalam batas normal.
2. Memberikan HE pada ibu tentang :
a) Gizi pada ibu hamil seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, kalsium, dan zat besi seperti telur, kacang-kacangan, hati, daging dan sayuran.
b) Istirahat yang cukup seperti mengurangi aktifitas kerja terutama pekerjaan yang berat dapat menimbulkan kecapaian dan keletihan.
c) Personal hygiene seperti selalu menjaga kebersihan mengganti pakaian, memotong kuku, menjaga kebersihan rambut dan genitalia agar selalu terhindar dari infeksi.
3. Memberikan penjelasan tentang tanda-tanda bahaya selama kehamilan seperti perdarahan jalan lahir, sakit kepala hebat, bengkak pada wajah dan tangan, nyeri perut hebat, demam, pengeluaran cairan dari vagina atau KPD dan penurunan gerakan janin.Jadi apabila ibu mengalami salah satu dari tanda tersebut maka ibu harus segera mencari bantuan ke Puskesmas atau RS terdekat.
4. Penatalaksanaan pemberian tablet Fe 1 X 1, diminum sebelum tidur pada malam hari.
5. Menganjurkan ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya kelak, dan ibu bersedia mengikuti anjuran tersebut.
6. Menganjurkan ibu untuk menjadi akseptor KB, dan ibu bersedia mengikuti anjuran tersebut.
7. Mendiskusikan tentang persiapan menghadapi kelahiran yaitu ibu berencana melahirkan di Puskesmas Kassi-kassi, yang akan mendampingi ibu adalah suami.
8. Mengingatkan ibu untuk selalu berdoa, dan ibu bersedia melakukannya.