Pengertian Dari Nidasi

Pengertian Dari NidasiPada hari ke empat hasil konsepsi mencapai stadium blastula disebut blastokista, suatu bentuk yang dibagian luarnya adalah trofoblas dan dibagian dalamnya disebut massa inner cell. Massa inner cell ini berkembang menjadi janin dan trofoblas akan berkembang menjadi plasenta. Dengan demikian, blastokista diselubungi oleh suatu sampai yang disebut trofoblas. Trofoblas ini sangat kritis untuk keberhasilan kehamilan terkait dengan keberhasilan nidasi (implantasi), produksi hormon kehamilan, proteksi imunitas bagi janin, peningkatan aliran darah maternal ke dalam plasenta, dan kelahiran bayi. Sejak trofoblas terbentuk, produksi hormone human chorionic gonadotropin (Hcg) dimulai, suatu hormone yang memastikan bahwa endometrium akan menerima (reseptif) dalam proses implantasi embrio.

Trofoblas yang mempunyai kemampuan menghancurkan dan mencairkan jaringan menemukan endometrium dalam masa sekresi, dengan sel-sel desidua ini besar-besar dan mengandung lebih banyak glikogen serta mudah dihancurkan oleh tropoblas. Nidasi diatur oleh suatu proses yang kompleks antara trofoblas dan endometrium. Di satu sisi trofoblas mempunayi kemampuan invasive yang kuat, di sisi lain endometrium mengontrol invasi trofoblas dengan menyekresikan factor-faktor yang aktif setempak (lokal) yaitu inhibitor cytokines dan protease. Keberhasilan nidasi dan plasentasi yang normal adalah hasil keseimbangan proses antara trofoblas dan endometrium.

Dalam perkembangan digerensiasi trofoblas, sititrofoblas yang belum berdiferensiasi dapat berkembang dan berdiferensiasi menjadi tiga jenis.

1)      Sinsisiotrofoblas yang aktif menghasilakn hormone.

2)      Trofoblas jangkar ekstravili yang akan menempel pada endometrium.

3)      Trofoblas yang invasive.